my side series

esge .klaten .jakarta .manusia biasa .friendly .depkeu .garink .remeh temeh .standart .hal hal kecil .yang tidak terpikir

Wednesday, July 05, 2006

perokok sembarangan

gara-gara beberapa hari ini rekan kerja saya yang senior lagi napsu2nya ngerokok diruangan yang duduknya pas dibelakang saya, saya jadi ga nyaman nyambut gawe, ga jenak duduk diruangan.penyakit kok disebar-sebar. Ngerokok diruangan ber-AC kan gawat. Mungkin Karena lagi ga banyak kerjaan jadi ya senior saya itu ngerokok terus, atau barangkali senior saya itu lagi sutris mikir gaji 13 kok ga turun-turun. Halah.

Ah kalau perda tentang larangan merokok dijakarta betul-betul bisa dijalankan, barangkali yang termasuk bahagia adalah saya. Mungkin saya adalah termasuk salah satu dari banyak pria yang dah sadar akan jeleknya rokok dan ga berniat untuk merokok ataupun sok2an merokok biar dikira macho. Wong bergaya hidup ga sehat kok dianggap keren. Itu kan hanya taktik juwalan tukang rokok aja. Ngiklanin pake koboy atau pake panjat tebing segala. Donya wis kebalik.

Dan saya juga ga ngerasa terganggu walau banyak yang bilang kalau cowo ga ngerokok itu ga keren. Lha justru lebih keren kalau ga ngerojok je kalau menurut saya. Seperti MTV dulu juga pernah ngiklanin yang versi gituan.ga ngerokok itu kereen. Beberapa orang juga nganggep cowo ga doyan bola itu juga ga keren. Ah untung saya masuk ya gibol kok, ga seperti bang pi’i yang ga doyan bola, tapi nyatanya bisa keren juga. Halah..

Dulu memang saya pernah nyoba beberapa kali untuk merokok gara2 lingkungan aja. Maklum masih kecil dan masih bingung milih pilihan hidup. Tapi paling cuma beberapa hisapan aja dah langsung mengundurkan diri untuk ga ngisep lagi. Lha wong ga ngerasa nyaman jadi ya ga perlu diteruskan. Yang ada adalah besoknya jadi diare. Sebenarnya ada hubungannya ndak ya antara diare dan merokok?

Tapi dulu saya masih toleran sama yang namanya perokok, alias masih enjoy dang ga ngerasa terganggu ketika saya harus menjadi perokok pasif. Ngobrol dengan teman padahal lawan bicara sedang ngrokok kok ndak masalah. Tapi rewel saya sekarang kok meningkat. Menjadi perokok pasif sama sekali ga iklhas saya lakuin. Rasanya sangat terganggu dan ga nyaman ketika harus jadi perokok pasif. Kadang kalau lagi dapet*haiah* bisa munek-munek bin eneg. Untungnya sejak saya tinggal dijakarta mulai 3.5 tahun silam,kostan saya hampir selalu terbebas sama penghuni yang punya kebiasaan merokok. Ada satu yang perokok masuk, beberapa bulan dah out. Kostan sekarang yang berjumlah 6 kepala, satu doank yang perokok itu aja jarang dirumah dan jarang ngerokok juga. Syukur alhamdulillah.

Kapan ya perda dki tentang larangan merokok itu bener2 efektif? Semoga segera….
nb:gambar dimaling dari sini tanpa permisi. hanya karena yang empunya juga ga perokok

Monday, July 03, 2006

jam tidur anak

Beberapa bulan yang lalu ketika saya mudik ke klaten, saya dapet cerita bahwa ponakan saya yang umur 4.5 tahun maniak banget sama yang namanya grup band RAJA. Saya ga terlalu kaget dapet cerita bahwa ponakan saya itu banyak hafal lagu2 RAJA, lha wong yang namanya raja memang lagi lakuw2nya. tapi jadi sedikit kaget bahwa saking maniaknya ponakan saya tersebut sampai2 setiap ada konser RAJA di tv dia hampir pasi nonton jam berapapun. Bahkan jam 1000pm baru mulai acaranyapun misal di SCTV akan ditunggunya..weleh-weleh mau2nya, niat banget nonton ian kasela mpe jam 12 an. Padahal kadang2 bapak ibune dah ngorok tidur dengan nyenyak dan ponakan saya itu sukses nonton sendiri.

Saya jadi mikir, apa sekarang jam biologis anak kecil itu dah bergeser ya? Yang sebelumnya mungkin jam 8pm atau separahnya jam 9pm dah tidur kok sekarang sampai jam 12an. Jaman saya kecil dulu habis isya trus belajar bentar jam 8pm dah ngleker....Ok, saya anggep itu Cuma ponakan saya yang abnormal*haiah* dan saya dah ga lagi mikir jam tidur anak2 lagi..

Lha kok ladhalah minggu kemarin kok jd kepikiran lagi. Gara2 liat acara bioskop transtv dalam rangka hari libur anak sekolah. Film yang dimulai jam 9pm tersebut yang ditayangkan adalah “Petualangan Sherina” yang sukses selesai jam 1115pm. Jadi mikir, kalau film itu sepertinya c cocok untuk anak-anak*biarpun banyak penggede2 yang nonton trmsk saya* kok jam segitu ya tayangnya. Apa pihak tv dah tahu klau jam tidur anak2 memang dah geser? Beda dengan TV7 yang nayangin film yang bisa ditonton anak2 seperti harry potter dulu ditayangkan jam 7pm. Itu aja karena kepanjangan dan takut kemaleman juga mungkin, sampai dipotong ditayangkan dua hari.

Semalem lagi, pas nomat nonton Superman Return di 21 tambah fakta lagi. Memang sih film tersebut dirate untuk semua umur. Tapi semalem pas saya nonton untuk jam penanyangan terakhir mulai jam 0800pm, lha kok anak2 banyak juga. Padahal yang saya bayangkan bentuk ideal nomat tuh ya berpasang-pasangan. Hehehehe. Alhasil sampai selesai film jam 10an banyak juga cekikikan anak2.palagi liat jagoanya terbang. Ga tahu ya, pas adegan ciyuman mereka mikir apaan? Apa ga pada ngantuk ya anak2 tersebut. Bahkan ada anak kecil yang nonton sambil bawa dot alias kempeng. Dah pasti memang anak2 bukan dewasa cebol kan?

Ah jangan-jangan memang jam tidur anak2 sekarang dah geser lebih malem kali. padahal saya aja jam 11pm kadang2 dah kriyip2 je... beda ma anak bayi seperti kasusnya ma firman ma babynya. Umur segitu c agak wajar melek semalaman.

Tapi saya masih lebih beruntung mo tidur jam 10pm ato bahkan jam 8pm pun bisa-bisa aja. Ga seperti bang pi’i yang kadang harus lembur sampai jam 1am walaupun itu malem mingguan.

Thursday, June 22, 2006

Tragedi kamar kecil

Apa jadinya anda yang lagi kebelet banget untuk [maap] pengen buang hajat setelah menahan rasa kebelet yang sangat tapi begitu nyampe di di WC toiletnya ada beberapa sesuatu gedhe yang tertinggal? Mungkin yang akan dilakukan tiap orang berbeda-beda:

-teteup masuk dan menyiram air duluan sebelum kemudian siap2 untuk anda pake lagi
-langsung anda pake karena anda merasa dah kebelet.
-berusaha cari kamar kecil ditempat lain
-ato tiba2 hilang rasa kebelet dan mengurungkan niat buang hajat dan menunggu pembantu atau cleaning service untuk membersihkannya?

Begitulah yang terjadi tadi pagi di kamar kecil kantor saya, saat pengen buang air kecil di kamar mandi. kalau toilet duduk c masih mending, lah ini toilet jongkok.begitu pengen masuk kok kaget liat yang begonoan. bukannya cewe salah masuk toilet cowo dan lupa nutup. atau lihat kucing yang duduk manis buang hajat dengan rapi. barangkali kejadian itu pernah anda alami. mungkin bisa jadi banyak terjadi di banyak kamarkecil massal lainnya. Ntah itu di kantor, wc umum di monas ataupun di mall-mall. Sangat menyebalkan ga?
kenapa pelakunya sampai melakukan perbuatan bejat itu ya:
#1.mungkin biasa BAB disungai sungai ya jadi ga perlu menyiram?
#2.haiah masa kalah ma kucing, kucing aja setelah buang hajat disimpe dengan rapi kok
#3.dueh jangan2 dia ga liat ada air kali ya?
#4.jangan-jangan dia eksibisionis tingkat tertentu sampai-sampai limbahnya aja pengen dimunculkan ke permukaan. [haiah]

Sya memang cenderung memakai kamar mandi daripada urinoir yang berdiri itu untuk BAK. Bukan ga percaya,kalau limbah tubuhku itu bakal dipakai jadi obat berbahan air seni [haiah] tapi rasanya ga menjamin bersih. Karena air dibatasi untuk kita pakai. Jadilah make kamar kecil aja.

Dan sayangnya [beruntungnya] kejadian seperti itu aga sering terjadi di tempat saya. padahal kalau lihat yang gituan saya jijknya ga ketulungan sampai mo muntah.nyaris doank tapi. perlakuan yang berlebihan ya? Mungkin juga.Kadang jadi berpikir memangnya puter kran trus ngambil air untuk nyiram itu susah. Atau ngambil selang trus nyiram itu susah? Padahal air aja melimpah kok begitu malesnya dan akhirnya mewariskan sesuatu yang ga nyaman untuk pengunjung kamar kecil selanjutnya.

Ah....jumat pagi kok dimulai dengan sesuatu yang kurang menyenangkan. Tapi apapun itu teteup seneng karena sekarang jum’at. Besok weekend. Palagi buat bang pi’i mungkin weekend ini jadi tambah lebih menyenangkan. Betul begitu bang?

happy weekend 4 everyone!!

TGIF

Thursday, June 01, 2006

Jakarta *aman dari* Gempa

Sebelumnya gempa di Daerah Istimewa Aceh
Lanjut lagi kemarin gempa di Daerah Istimewa Yogyakarta

Apakah mungkin bentar lagi Daerah Khusus Ibukota??

Bisa jadi……


---------------------

Ngerasa kata-kata diatas sebagai joke yang bisa dianggap angin lalu ga kalau denger yang seperti itu? Kalau anda santai aja, baguuusss..
tapi bisa jadi ga sedikit yang nganggep joke tadi sebagai suatu hal yang perlu dikawatirkan dan seperti memberitahukan bahwa Jakarta diinceng *diawasi* monster besar yang siap menerkam. Terutama bagi warga Jakarta dan yang punya saudara di Jakarta. Beda dengan bang pi’i yang ada jauh disana.

Apa jadinya apabila karena beberapa kejadian kemarin, banyak pendengar yang temasuk dalam golongan yang jadi tambah resah. Apakah joke2 seperti tadi bukan sebagai sesuatu yang berlebihan dan meresahkan?

Padahaaaalll..
Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi dan Geofisika menyatakan bahwa Jakarta masih aman dari gempa berskala besar. Sebab titik lempeng selatan dan utara penyebab gempa ada di luar Jakarta dan jauh dari permukaan bumi-sekitar 400km. Kepala Bagian gempa Bumi menyatakan kalaupun sesekali Jakarta gempa hanya akan berada di skala paling besar 4-5 dalam skala richter. Menurut BMG yang mengklaim punya alat lebih lengkap daripada milik luar negeri itu menyatakan justru daerah sekitar Jakarta yang lebih rawan, misalnya kawasan Serang(Banten) dan Pelabuhan Ratu(Sukabumi). Seperti gempa pada awal tahun 2000. saat itu ratusan rumah di sukabumi roboh. Sementara itu, wilayah Jakarta hanya akan menerima efek getarannya.

Begitu juga menurut Surono, Kepala Subdirektorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan bahwa potensi gempa terdekat dari Jakarta adalah sesar (patahan lapisan bumi yang bergeser) aktif Cimandi di Sukabumi dan Selat Sunda. Itupun tidak pernah melebihi 6 skala richter. Serta sesar aktif lainnya di Majalengka dan Cirebon.

Memang sampah sosial tuw ada dimana-mana. Menebar gosip yang menyesatkan. Menari-nari diatas tangisan manusia lain. Seperti keadaan daerah bekas gempa Jogja dan Jateng. Semalem saya dapat kabar dari keluarga klaten bahwa tambah banyak maling ketika rumahnya ditinggal oleh penghuninya dipengungsian. Terus ada juga isu tsunami yang diedarkan oleh para sampah sosial tadi. Ujungnya??? Para warga mengungsi ketempat yang mereka rasa lebih aman untuk berlindung dari tsunami, dan rumahnya akhirnya bebas diutak-atik oleh para maling tadi….bener bener dah…

Berhati-hati dan waspada itu memang baik, tetapi berhati-hati yang membabi buta dan tidak berdasar justru hanya akan membuang-buang tenaga kan?

Tuesday, May 30, 2006

sampah sosial

Jakarta aman tho?Keluarga klaten turu saiki gantian ge, koyo ngeronda. Masalahe saiki okeh maling
Halah moso akeh maling?
Iyo tangga desa wingi kejar2an maling

Jakarta aman kan?Keluarga di klaten sekarang kalau tidur gentian ge, seperti ronda. Masalahnya sekarang banyak maling.
Halah. Masa banyak maling?

Iya desa tetangga kemarin kejar2an maling.


--------------------------

Wah, wingi ruko di pasar prambanan akeh sing didongkeli. Ruko ruko podho dimalingi. Padahal awan-awan lho, ge. Kok sempat2e maling.
Kok ngerti nak maling tho, mas?
Lha wong bukake kasar tur ketok mencurigakan je...

Wah, kemarin ruko di pasar prambanan banyak yang dibuka paksa. Ruko ruko banyak yang dimaling. Padahal siang hari lho,Ge. Kok bisa-bisanya dimaling.
Kok tahu kalau itu maling c, mas?

Bukanya kasar dan keliatan mencurigakan..


--------------------------

aku baca pengumuman pemerintah semalam katanya rumah rusak berat dapat bantuan 30jt dan ringan dapat bantuan 10jt. Itu bakal lancar ga ya?
aku yakin pada prakteknya nanti ga segt, n nyampenyapun lama, org skr aja bantuan makanan mash sendt, pa lagi pihak pemerintah smp skrg ngak ada yang keliling.

-------------------------

Masa pesawat tujuan yogyakarta harganya gila-gilaan...naiknya aja nyampe 300rb. Kok bisa-bisanya kesempatan naikin harga tiket sampai segitu2nya padahal lagi ada bencana seperti ini.

-------------------------

aku di stat jatinegara ini mas, eksekutif abiss.tinggal bisnis aja nyampe dicalo naiknnya dua kali lipat.. daahhh, yang penting dapet duluw...

------------------------

Masya Allah.....


Tembakau: Berbahaya Dalam Bentuk dan Samaran Apapun


Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Sehubungan dengan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2006
yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2006, maka kami, penulis blog
yang peduli dengan masalah ini, bermaksud untuk memperingatkan
kita semua akan bahaya tembakau:

1. Memperingatkan kita semua bahwa tembakau BERBAHAYA DALAM
BENTUK APAPUN. Rokok, rokok pipa, bidi, kretek, rokok
beraroma cengkeh, snus, snuff, rokok tanpa asap, cerutu...
semuanya berbahaya.

2. Memperingatkan kita semua bahwa tembakau dalam jenis, nama
dan rasa apapun sama bahayanya. Tembakau BERBAHAYA DALAM
SAMARAN APAPUN. Mild, light, low tar, full flavor, fruit
flavored, chocolate flavored, natural, additive-free, organic
cigarette, PREPS (Potentially Reduced-Exposure Products),
harm-reduced... semuanya berbahaya. Label-label tersebut
TIDAK menunjukkan bahwa produk-produk yang dimaksud lebih aman
dibandingkan produk lain tanpa label-label tersebut.

3. Menuntut Pemerintah Republik Indonesia untuk sesegera
mungkin meratifikasi WHO Framework Convention on Tobacco
Control (WHO FCTC) demi kesehatan penerus bangsa. Indonesia
adalah satu-satunya negara di Asia yang belum menandatangani
perjanjian Internasional ini.

Internet, 31 Mei 2006

Tertanda,

sugiyanta

Wednesday, May 17, 2006

Keajaiban Matematika

anda termasuk math maniac?
ehh...denger gusyiep dari tetangga sebelah matematika itu ajaib
mau bukti..ayooh!!!
tarik napaass.....

satu
0 x 9 + 0 = 0
1 x 9 + 1 = 10
12 x 9 + 2 = 110
123 x 9 + 3 = 1110
1234 x 9 + 4 = 11110
12345 x 9 + 5 = 111110
123456 x 9 + 6 = 1111110
1234567 x 9 + 7 = 11111110
12345678 x 9 + 8 = 111111110
123456789 x 9 + 9 = 1111111110

dua
1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 12345678987654321

tiga
1 x 8 + 1 = 9
12 x 8 + 2 = 98
123 x 8 + 3 = 987
1234 x 8 + 4 = 9876
12345 x 8 + 5 = 98765
123456 x 8 + 6 = 987654
1234567 x 8 + 7 = 9876543
12345678 x 8 + 8 = 98765432
123456789 x 8 + 9 = 987654321

empat
1 x 18 + 1 = 19
12 x 18 + 2 = 218
123 x 18 + 3 = 2217
1234 x 18 + 4 = 22216
12345 x 18 + 5 = 222215
123456 x 18 + 6 = 2222214
1234567 x 18 + 7 = 22222213
12345678 x 18 + 8 = 222222212
123456789 x 18 + 9 = 2222222211

lima
123456789 + 987654321 = 1111111110
1 x 142857 = 142857 (angka sama)
2 x 142857 = 285714 (angka sama beda urutan )
3 x 142857 = 428571 (angka sama beda urutan)
4 x 142857 = 571428 (angka sama beda urutan )
5 x 142857 = 714285 (angka sama beda urutan)
6 x 142857 = 857142 (angka sama beda urutan)
7 x 142857 = 999999 ( waw......suatu hasil yang Fantastis )

enam
bilangan sembarang jika dikalikan 9 maka jumlah hasilnya = 9
kita buktikan.....
1 x 9 = 9
2 x 9 = 18, jumlah 1 + 8 = 9
3 x 9 = 27, jumlah 2 + 7 = 9
4 x 9 = 36, jumlah 3 + 6 = 9
dst. sampai tak terhingga .....Ok khan

tujuh
22 x 9 = 198,
cara cepatnya 2 x 9 = 18, lalu selipkan angka 9 ditengah, jadi 198....ok

buktikan sendiri cara cepatnya berikut ini...
33 x 9 = 297, cara cepat 3 x 9 = 27, selipkan 9 ditengah
44 x 9 = 396
55 x 9 = 495
66 x 9 = 594
77 x 9 = 693
88 x 9 = 792
99 x 9 = 891

lalu bagaimana dengan 3 angka kembar yach ....???
sama aja tuch tinggal selipkan 99 ditengahnya....
gak percaya ....kita buktikan yach...
222 x 9 = 1998, cara cepat 2 x 9= 18, selipkan 99 ditengah
333 x 9 = 2997
444 x 9 = 3996
555 x 9 = 4995

ada yang nemu lainnya lagi.....???

Monday, May 15, 2006

CHANGE!!!

Ah ternyata saya dah lama sekali ber hiatus. Bukan tanpa kesengajaan, yang pasti karena koneksi internet gretz dikantor saya sedang bener2 menguji pemakainya untuk lebih bersabar dan bersabar lagi. Bahkan untuk sign comment di tetangga sebelah saja sampai kembang kempis. Walhasil jadi males utak atik blog ini.

Tadi pagi saya terlibat obrolan dengan sahabat ruangan sebelah ruang dimana saya mencari sesuap berlian * haiah *. Tampak ringan tapi ternyata tetap ada pelajaran kalau mau diambil.

Ge, gantiin wallpaper pc dunk! Secara loe kan banyak ide2.
mang kenapa dengan wallpaper the great Jang Geum ini?
Ah dah bosen ge, ganti yang cantik lainnya dunk!
Kenapa diganti. Dah bosen?

kalau ga ganti tuw mbosenin, ge
Ah, die. Saya tuw tipe yang ga suka gonta-ganti! Dalam satu situasi bisa sangat berasa nyaman *baca: dipaksa bernyaman2* dan ngerasa ga perlu untuk ganti2 lagi.

jadi loe ngerasa termasuk time SETIA getoo?
mungkin, tapi yang pasti saya seperti nya males berubah dengan sesuatu yang baru. Butuh peristiwa besar sehingga saya merubah yang sebelumnya saya dah merasa nyaman. Makanya desain kamar juga males untuk diubah2*termasuk wallpaper hp saya bergambar jang geum sangat lama dang a diganti2*..dan yang pasti saya ngerasa gampang untuk nyaman dengan keadaan yang ada dan ngerasa ga perlu untuk merubah..

Ya seperti itulah saya, gampang berasa nyaman dengan situasi yang ada. Disatu sisi memang itu sangat melegakan mengingat berarti saya termasuk mempunyai daya adaptasi yang tinggi. Kata guru IPA dulu, tiap makhluk hidup selalu dibekali dengan daya beradaptasi. Kalau daya adaptasi dah pada derajat NOL saya yakin hidup kita akan kesusahan. Dan akhirnya kita akan mati. Bayangkan kalau kita sedang terdampar seperti film Cast Away, kalau ga mau makan yang ada dipulau terpencil tersebut, bukankah hanya kematian yang akan jadi kisah selanjutnya?

Tapi disisi lain, cepat merasa nyaman dan cenderung untuk berpuas diri atas segala yang dah didapat justru melenakan saya. Bisa jadi keadaan sekarang sudah cukup baik *kalau mau melongok kebawah aja*. padahal kalau mau memodifikasi hidup sedikit saja, mungkin saya akan menemukan hal baik yang lebih lagi. Jadi sepertinya sifat tadi mulai menumpulkan daya jelajah, daya kreatif dan daya saing saya. Bukankah itu sesuatu yang gawat??

Tadi pagi saya mendapat message dari seorang sahabat di yahoo messenger saya. Jarang dia mengirim pesan, tapi tadi pagi kok pesannya bikin memicingkan mata saya :

"gagal merencanakan, sama dengan merenecanakan kegagalan. Apa rencana kita hari ini? Ayo jangan bersembunyi dibalik kata TAWAKKAL. Karena TAWAKKAL adalah masalah hati.akal dan fisik kita punya urusan lain. TAWAKKAL akan bermakna jika kita berusaha semaksimal mungkin untuk memeras pikiran dan mendayagunakan fisik"

Nahh..boleh ga ditingkat dan artian tertentu sikap berasa nyaman dan nerima saya bagian dari tawakkal? Hanya saja tawakkal yang aga kurang tepat.

Meraih kesuksesan dan kenyamanan hidup tingkat tertentu seyogyanya ga harus melenakan kita dan membuat kita diam ditempat kan?

Manusia yang beruntung adalah manusia yang hari ini lebih baik daripada kemarin, dan masa depan lebih baik daripada hari ini.

CHANGE!!! Begitu kata renald kasali