my side series

esge .klaten .jakarta .manusia biasa .friendly .depkeu .garink .remeh temeh .standart .hal hal kecil .yang tidak terpikir

Tuesday, February 21, 2006

B a s a - b a s i


Kaget??Ga kan......ya, saya tidak berniat basa-basi untuk menulis tentang basa-basi....anda jangan takut atu bete duluan karena saya terindikasi melakukan suatu ke-basabasi-an yang ujungnya akan ketahuan kalau saya hanya basa-basi..tanpa niat tulus....well, kali ini kita perlu mengesampingankan dugaan basi-basi tersebut. sangat tidak mulia tuduhan basa-basi tersebut....*haiah*

di Indonesia ini ternyata sudah sangat membudaya yang namanya basa-basi. Basa-basi sepertinya termasuk budaya dan nilai yang sangat perlu untuk dilestarikan. Jangan-jangan makhluk yang namanya bas-basi itu bener-bener produk lokal dan sangat dimungkinkan tidak ada di negara lain.Keren kan? bisa disebut asset nasional yang mungkin bisa dijual keluar negeri. Yang akhirnya bisa mendatangkan devisa negara...*haiah, basa-basi banget sih* sampai-sampai suatu produsen rokok di Indonesia memakai "basi-basi" sebagai alat jualannya...*Woii, mister. bayar royalti keseluruh rakyat Indonesia dunk :p*

dibawah ini coba dipaparkan beberapa kebasa-basian yang ada di Indonesia yang sangat mungkin ini cuma basa-basi saya memaparkan hal tersebut:
#1.Surat Ijin Mengemudi
asli, kalau menurut saya yang namanya SIM di Indonesia itu sangat kental aura basa-basinya. yang namanya Surat Ijin Mengemudi itu seharusnya dan sewajarnya sangat ketat dan susah diberikan kepada pemohon SIM-nya. Saya yakin diperaturan atau juklak ataupun juknis yang dibuat pemerintah sudah mengatur hal tersebut. nah basa-basi SIM akan bermula disaat pelaksanaannya. Tahap-tahap mendapatkan sim yang seharusnya menguji pengetahuan lalulintas dan ketrampilan mengemudi sangat tidak perlu untuk diuji. Dan akhirnya sangat gampang dapat yang namanya SIM hanya dengan membayar lebih sekian perak uang kepada petugasnya. Yang akhirnya kita akan menemukan sekian banyak pengemudi yang bermental Ndoro, Tuan tanah, pak lurah, mental pejabat, mental chicken dan lain2 dijalan. Ricuh dan macet dijalan sangat sering terjadi termasuk kecelakaan juga. Karena memang mungkin beberapa pemakai jalan belum mempunyai kemampuan untuk memakai jalan*haiah*

#2.Ucapan Pemerintah

jangan skeptis duluw..Memang hanya beberapa ucapan dari pemerintah yang terindikasi basa-basi. Dan sebenarnya sangat tidak pantas untuk dikemas dalam format basa-basi. misalnya:
" Semua yang sakit panas tinggi dan sebelumnya menemukan unggasnya mati mendadak, harap segera memeriksakan ke rumah sakit dan akan dilayani dengan segera dan gratis"-->Basi-basiiiiiiiiii.Faktanya, banyak kasus dari keluarga miskin yang ditolak karena tidak bisa membayar uang administrasi masuk rumah sakit. dipingpong dari satu RS ke RS yang lain.
"Semua unggas dijakarta akan dimusnahkan dan akan diganti dengan uang yang sepantasnya. Agar dijakarta terhindar dari flu buyung"--->basa-basiiiiiiiiiiiiiiiiii, bagaimana bisa memusnahkan semua unggas kalau pemilik unggas ga mendapat ganti rugi yang lebih layak*10ribu/unggas* padahal banyak unggas yang harganya lebih mahal dari 10rb. tentu saja masy enggan membunuh unggasnya. akhirnya kebijakan untuk menuntaskan flu buyung dengan memusnahkan semua unggas hanya akan merupakan basi-basi belaka.
" Bus transjakarta diluncurkan untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan kemacetan di jakarta"---->Basa-basiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, tambah macet nehhhhh bos..

#3. SKKB
yeapppp, benul. SKKB mean Surat Keterangan Kelakuan Baik. pernah bikin kan? ini syarat standart banget kalau kita mo cair kerja. mo cari kerja di Indo ataupun di luarnegeri yang namanya SKKB itu wajib dibuat. Do you know? SKKB yang dibuat dari tahap kelurahan yang akhirnya sampai tikat polsek dan polres itu untuk tiap tahap mengeluarkan surat rekomendasi yang kata-katanya kurang lebih seperti ini " setelah diteliti dari data-data kriminal yang ada, yang bersangkutan ternyata belum pernah melakukan tindakan kriminal dan belum pernah melakukan juga tindak pidana"....yang akhirnya SKKB bisa didapatkan juga ol/ pemohonnya..Padahaaaaaaalll, boro-boro meriksa. Dicek itu warga asli kawasan tersebut ataupun teroris yang sedang cari SKKB mungkin juga engga. Tinggal niru aja data yang kita ajukan.* Basa-basiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii*

#4.Jam masuk kantor jam 0730am
basi-basi.........jam 0830am aja banyak yang masih dikostan masing-maisng,dirumah masing-masing, on the way, ataupun masih ngobrool dilift sama tante sebelah....

well, ternyata basa-basi yang saya ungkapkan dah cukup panjang juga, padahal yang namanya basi-basi itu bisa sangat panjang dan sangat gampang untuk dicari...tapi kapan selesainya..OK, kalau ada kesempatan lagi bisa jadi akan ada postingan berjudul "basi-basi part 2" ataupun "basa-basi part 3"...Kapan kapan akan dilanjutkan lagi ngobrol tentang basa-basi ini *Basa-basiiiiiiiiiiiiiiiiii, bilang ja dah capek G!* asli masih banyak basi-basi yang bisa saya tuliskan disini....

OK, anda dan anda akan tambah cakep deh kalau habis baca trus kasih koment *basa-basiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii*

* mari kita membasa-basikan Indonesia dan meng-Indonesiakan basa-basi *

2 Comments:

Anonymous Jackass said...

Gw menghargai pendapat lo Man
tentang kebasa-basian yg ada di negeri
kita tercinta ini *Indonesia Merdeka*


gw sebagai orang awam
tapi boleh dikatakan memiliki
semangat Nasionalisme yang tinggi *Narsis*
merasa lo hanya menilai Indonesia dari satu sisi aja
padahal disisi laen masih banyak hal-hal
positif laennya yang ada dibalik
pesona Indonesia yang terkenal
sebagai negara Khatulistiwa,
Gemah Ripah Loh Jinawi.......



back to topick ;)
gw ngerasa Indonesia tuh punya segudang *trlalu dikit X?*
potensi yang ada tetapi blum bisa dimanfaatkan
secara optimal.


ngebahas masalah SIM, SKKB, masuk kantor jam 07:30 dsb
yang pada umumnya banyak terjadi pelanggaran
klo menurut gw itu merupakan ulah
oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab
ga semuanya lo pukul rat kayak gitcu Bro!


waktu ngebikin SIM mgkn aja lo lagi ketemu ma pak polisi
yang lagi "malesbanget"ngetes2 lo
sehingga langsung ACC aja dech
lagian pula beliau mikir lo pasti
BT juga ntar pake ditanya ini itu *pak polisinya
lage baek, ngerti perasaan lo*

trus bikin SKKB, tinggal copy paste aja
ama format yg ada
coz bbanyak pertimbangan Man,
tp tuk lebih jelasnya lo tanya
aja langsunga ma pak Polisinya
apa aja pertimbangannya *gw bukan polisi sech*

trus masalah masuk kantor jam 07:30
ga semua orang telat Bro,
contohnya gw aja dah stand by trus
di bawah jam segetco *kalo lagi bnyk kerjaan*
lo mikir gitu kalo rumah lo/kost lo deket dari
kantor GPP Man, wajar lo bisa datang jam segitu
tapi bagi orang2 yang rumahnya jauh buanggggeeetttttt
yang dah dibela2in keluar dari rumah ba'da shubuh tapi nyampe
kantor teteup diatas jam 07:30 karna lo tau sendiri
wilayah jakarta dan sekitarnya di pagi hari terutama jam2
sibuk imana para pegawai kantoran, kuli bangunan, pekerja pabrik, karyawan swasta,
murid2 sekolah, mahasiswa, guru, dosen
dan laennya yg ga bisa gw sebuti atu2
tumpek blek jadi satu diwaktu yang sama
dengan moda transportasi yg boleh dibilang
kacau beliau *ga keruan, red*


disinilah sisi kemanusiaan kita Man,
toleransi dan saling menghargai.
orang di Undang2 aja udah iatur
tentang prikemanusiaan khan?



kita harus menyikapi satu masalah itu
dari berbagai sisi Bro,ga hanya dari satu sisi aja.
mgkn kalo suatu saat kita dah mengalami mslh tsb baru kita
lebih mengerti an memahami keadaan yang
sebenarnya pegimana.


berusahalah tuk bersikap bijak
dalam menilai suatu permasalahan
dan menghadapi persoalan.........

7:49 PM  
Blogger esge said...

thx komentarnya...sangat cerdas dan tajam serat kritis.
dan kalau saya komentar balik jangan dianggap saya antipati yang namanya dikomentarin..justru malah senang...sperti kata pak sby pada ulangtahun pers dibandung kmrn "jangan dianggap orang yang menjawab kritik yang datang pada dirinya itu dianggap sebagai orang yang anti kritik.ini adalah bagian dari pembelajaran demokrasi yang salah satu bagiannya adalah menjawab yang dikritik kepadanya. sehingga orang tidak hanya melihat dari satun sisi saja" *betul banget boss* memang benar, segalanya memang harus cover both sides

#1. lo hanya menilai Indonesia dari satu sisi aja
padahal disisi laen masih banyak hal-hal
positif laennya
--->maap mas, postingan tadi kan cuma membahas tema "basa-basi" bukan membahas "indonesia
dengan segala plus minusnya"
kalau aku membahas tema "indonesia dengan segala plus minusnya" dan saya hanya membahas minusnya maka wajar kalau kerasa timpang n tidak adil dan kerasa kalau saya terlalu skeptis terhadap indonesia dan memandang kalau indonesai kaga ada bagusnya sama sekali.....no man...
#2.gw ngerasa Indonesia tuh punya segudang *trlalu dikit X?*
potensi yang ada tetapi blum bisa dimanfaatkan
secara optimal.
------> embeeeeerrrr....
#3.disinilah sisi kemanusiaan kita Man,
toleransi dan saling menghargai.
orang di Undang2 aja udah iatur
tentang prikemanusiaan khan?
----->yupp, betul dan setuju...tapi kalau menurut saya rasa terlalu sayang, terlalu pengertian, terlalu think postitive, terlalu ga curiga, etrlalu percaya pada orang pada porsi tertentu akan menurunkan tingkat kewaspadaan kita. segalanya memang harus sesuai dengan porsinya....termasuk berusaha thing positive kalau bus tersebut atau kebijakan tertentu itu memang lempeng utk kesejahteraan warga *padahal mungkin kaga* maka segala tampak bagus-bagus dan benar....yang akhirnya tidak bisa melihat bentuk pelanggaran*terlalu ekstrim ya pendapat aku?*

at last, mungkin bener kata kamu..beberapa bentuk basa-basi yang saya paparkan tadi harusnya di ending ditulis "kerjaan oknum yang seperti ini neh, yang membuat ketidakbasa-basian suatu sistem menjadi suatu kebasa-basian belaka" biarpun mostly sistem tersebut berakhir dengan kebasa-basian.......

pufh

8:29 PM  

Post a Comment

<< Home