my side series

esge .klaten .jakarta .manusia biasa .friendly .depkeu .garink .remeh temeh .standart .hal hal kecil .yang tidak terpikir

Wednesday, February 15, 2006

Mencuci motor ternyata bisa sangat menyenangkan


Kemarin petang setelah pulang gawe, begitu nyampai di kostan saya berinisiatif untuk mencuci motor sendiri, padahal minggu lalu sudah saya cuci di pencucian motor komersial didekat kostan saya. Pada mulanya males banget mencuci, karena jam segitu *0500pm: red* bertepatan dengan jewel in da palace@indosiar. Tapi karena mang dah aga kotor akhirnya mending luangkan waktu untuk mencuci motor. Mencuci motor sendiri mang juga sangat saya perlukan, sebagai alat cek-cek atau kontrol-kontrol kali kali aja ada sekrup atau apa yang kendor. Karena kebetulan saya tidak pernah ngecek seperti tukang bengkel. Dan ternyata ada hasilnya juga, kemarin saya menemukan sekrup spion aga kendor dan lampu aga kendor..sepertinya ini gara2 tukang service di ahass depan artrium kurang kenceng pasang sekrup kembali.

Pertama mang aga berasa berat pas mo nyuci motor, tetapi pas dah mulai nyuci motor ternyata asyiek juga....ada kenikmatan tersendiri setelah liat motor kesayangan kita bersih plus kinclong kek gigi mali*haiah*. Daripada liat motor bulukan atau berdebu *kecuali kalau lagi ujan muluw, saya juga males nyuci motor* mending kita cuci ndilie motor...gratis plus murah...haiah....
berikut beberapa tips mencuci motor yang disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi agar motor lebih awet, keliatan baru, catnya juga cepet rusak yang akhirnya jadi lebih awet kinclongnya :

air
Yang pasti air untuk mencuci motor kita harus bersih...ga mungkin kan pake air comberan ataupuin air bekas kita nyuci baju *hanya demi alasan ekonomis* bisa membuat motor kita jadi bersih...untuk yang tinggal di dekat laut, mending jangan sering2 cuci motor dirumahnya.Karena air deket pantai mengandung banyak garam yang pada akhirnya akan menjadikan motor jadi berkarat.Mending nyuci motornya aga jauhan dikit dari rumah. bisa ngungsi ketempat temen, sodara atau kenalan bahkan rumah pacar pun sangat dianjurkan. ataupun ketempat pencucian motor yang kamu yakin airnya ga ber-garam..motor ga perlu makan asam garam buat nunjukin pengalaman hidupnya kan?

Sabun
Sebenarnya sabun atau detergen bisa juga dipakai untuk nyuci motor. Tepati lebih baik lagi pake sabun ataupun saampo yang mang khusus digunakan untuk mencuci motor.misalnya merek KIT ataupun merek lain. tetapi separah-parahnya bisa juga pake sampo rambut ataupun bisa sampai sunlight *mang piring?*...kemarin saya juga make sunlight. dah gitu sunlight boleh minta renata* woii nata, minta sunlight nya...loe c pulang telat.kuliah muluw--pesan sponsor*

Sikat atau Busa
sikat ataupun busa atau kanebo bisa dipakai pas nyuci motor.tetapi lebih bagus kalauu sikat atau busa untuk nyuci motor punya beberapa. dibedain antar tempatnya. misalnya untuk membersihkan rangka atau mesin di kolong2 yang kemungkinan bawa oli atau kotoran lain jangan dipakai untuk bersihkan bodinya...karena dikawatirkan akan menggores bodinya. walhasil bukan bodi mulus yang didapet tapi malah bodi gores2 yang didapat.

Hujan dan Embun
Kalau motor SEMPAT tersiram ujan dan kalau yang punya motor SEMPAT sebaiknya kalau belum sempat nyuci mending motor diguyur pake air biasa duluw sebelum kita diamkan. syukur2 kalau sempat dilap kering. tapi ati2 juga kalau ngelap.kalau bodi kotor mending ga usah dilap.karena kotoran yang kita gesek akan menjadikan bodi jadi tergores.karena ternyata air hujan mengandung asam yang bisa merusak cat dan bisa menimbulkan karat. Apalagi kalau yang habis ngedate dipantai yang jadiin motornya jadi ngerasain asinnya air laut, harus buru2 dicuci juga tuw...bsiar ga karatan.

Matahari
hindari sebisa mungkin untuk nyuci motor dibawah terik matahari langsung karena KATANYA kalau nyuci dibawah terik matahari langsung akan menimbulkan flek dipermukaan cat....sebaiknya nyuci ditempat teduh atau saat matahari lag ngumpet..kalau perlu banget siang perlu nyuci karena baru sempat, mungkin perlu kali ya nyewa tenda...hahahaha

OK, selamat nyuci motor...yang belum punya motor bolehlah motor saya dicuciin
* ada yang mo nambahin trik nyuci motor yang benar?*

3 Comments:

Anonymous Jackass said...

*Kemarin petang setelah pulang gawe,
begitu nyampai di kostan saya berinisiatif untuk mencuci motor sendiri,
padahal minggu lalu sudah saya cuci
di pencucian motor komersial didekat kostan saya.*


bilang aja lo tu mo hemat mannnn!!!!
gak usah pake acara ngeles2 *Mencuci motor sendiri mang juga sangat saya perlukan,
sebagai alat cek-cek atau kontrol-kontrol
kali kali aja ada sekrup atau apa yang kendor.*

nyuci motor ini, cuma goceng>>>
badan ga perlu capek lo tinggal ongkang2 kaki doank
sambil ngerokok, makan mie ama minum sebotol
es teh (klo lo ada uang)


abiz itu, efek samping (depan X?) dari nyuci motor tuh
banyak buanggggeeeeeetttttt man.
berikut ini review gw tentang
efek samping mencuci motor sendiri :

1. Uang terkuras habizzzzz
yaaa iyaaalaaaahhhhhh.........
badan lo pegel2, pinggang linu n mcm2 sakit laennya
biz lo nyuci motor.
mang lo ga mo berobat klo dah gicuuu?
minimal walopun ga ke dokter
yah ke salon lah tuk massage or refleksi,
ato separah2nya ke tukang urut terdekat
yang biaya minimalnya lo tau sendere khan?

2. ngurangin jatah sabun, shampoo bahkan sunl***t......(sorry gw ga dpt uang sponsor nech)
yang seharusnya menurut perhitungan lo dah ngepaas bangget tenyata
lo mesti ngeluarian adna tak terduga di akhir bulan
(cari loan lagi ne....)

3. lo bisa2 disemprot bapak kos
lo secara gak langsung ah jadi TSK (istilah polisi tuk bilang tersangka, red)
atas membengkaknya tagihan air bulan ini dan bulan2 berikutnya kalo lo
masih nyuci motor sendiri...
dampak yang lebih parah lo bisa di usir dari kosan!!!
(yang lebih serem, lo diusir waktu lo lagi asyik2nya nyuci motor lo
sambil siul2 or nyanyi2 dengan suara lo yg cempreng itu)
dan parahnya lagi lo nyuci motor waktu malam hari
nah lo... bingung mo cari t4 transit dimana???
sorrryy man gw ga nawarin nginep t4 gw soalnya gw
lagi perang dingin ma ibu kost gw

4. lo mesti ke laundry
mang lo kira nyuci motor ndilie ga nyebabin baju lo kotor???
pa lagi lo tau sendiri yang namanya motor ntu ada oli, rantai, bau bensin,
ga mesti gw jelasin 1 per 1 dech,
yang kalo lo cuci ndilie hasilnya mgkn ga bakal kembali seperti semula
pa lagi baju yang lo pake waktu nyuci baju kesasyangan lo
(cucian dech lo>>>)

mungkin garis besar nya itu aja, kalo gw mo detil lagi
enakan gw terbitin buku aja tentang "efek samping mencuci motor sendiri"
kan bisa gw komersilin, gw dpt royalty trus banyak lagi dechhhh.....


intinya,
lo kudu mikir beribu2 kale
sebelum lo ambil keputusan tuk nyuci motor ndilie........

6:51 PM  
Blogger esge said...

press conference's note:
#1.gw ga ngerasa capek. dan ga ngerasa kudu massage...mang badan jakass yang jalan dikit aja langsung pegel, cuci motor bentar aja lgs capek....sorry man.hahahaha

#2.aduww......sunlight gw gratis man...tinggal ambil

#3.
bapak kost's said :"rajin banget dek, jam segono kok dah nyuci...bocah kok rajin temen "
sg's said : " iya neh pak....jadi ngabisin air neh pak?"
bapak kost's said : " halah...mang abiez berapa..ga papa lah"

-----------------------------------

mbak kost's said : "tumben neh rajin banget...biasanya ga pernah nyuci..mo palentinan ya?
*plissss, mbak....pas gw nyuci dah tgl 15feb gitu loh..*

#4. gw ga mungkin habisin duit buat ke laundry, man...seelama ini gw cukup nyuci ndilie....pengeluaran kan kudu diitung daripada nyesel kemudian krn habisin pulsa limatiittttt*sencored* rb dalam sebulan..hahahahaha

7:08 PM  
Anonymous Alat Pelacak Kendaraan said...

Ayo pada yang rajin mencuci motornya biar body dan mesinnya lebih awet, gak mudah berkarat. Motor yang bersih juga bikin enak dipandang.

5:55 PM  

Post a Comment

<< Home