my side series

esge .klaten .jakarta .manusia biasa .friendly .depkeu .garink .remeh temeh .standart .hal hal kecil .yang tidak terpikir

Thursday, June 01, 2006

Jakarta *aman dari* Gempa

Sebelumnya gempa di Daerah Istimewa Aceh
Lanjut lagi kemarin gempa di Daerah Istimewa Yogyakarta

Apakah mungkin bentar lagi Daerah Khusus Ibukota??

Bisa jadi……


---------------------

Ngerasa kata-kata diatas sebagai joke yang bisa dianggap angin lalu ga kalau denger yang seperti itu? Kalau anda santai aja, baguuusss..
tapi bisa jadi ga sedikit yang nganggep joke tadi sebagai suatu hal yang perlu dikawatirkan dan seperti memberitahukan bahwa Jakarta diinceng *diawasi* monster besar yang siap menerkam. Terutama bagi warga Jakarta dan yang punya saudara di Jakarta. Beda dengan bang pi’i yang ada jauh disana.

Apa jadinya apabila karena beberapa kejadian kemarin, banyak pendengar yang temasuk dalam golongan yang jadi tambah resah. Apakah joke2 seperti tadi bukan sebagai sesuatu yang berlebihan dan meresahkan?

Padahaaaalll..
Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi dan Geofisika menyatakan bahwa Jakarta masih aman dari gempa berskala besar. Sebab titik lempeng selatan dan utara penyebab gempa ada di luar Jakarta dan jauh dari permukaan bumi-sekitar 400km. Kepala Bagian gempa Bumi menyatakan kalaupun sesekali Jakarta gempa hanya akan berada di skala paling besar 4-5 dalam skala richter. Menurut BMG yang mengklaim punya alat lebih lengkap daripada milik luar negeri itu menyatakan justru daerah sekitar Jakarta yang lebih rawan, misalnya kawasan Serang(Banten) dan Pelabuhan Ratu(Sukabumi). Seperti gempa pada awal tahun 2000. saat itu ratusan rumah di sukabumi roboh. Sementara itu, wilayah Jakarta hanya akan menerima efek getarannya.

Begitu juga menurut Surono, Kepala Subdirektorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan bahwa potensi gempa terdekat dari Jakarta adalah sesar (patahan lapisan bumi yang bergeser) aktif Cimandi di Sukabumi dan Selat Sunda. Itupun tidak pernah melebihi 6 skala richter. Serta sesar aktif lainnya di Majalengka dan Cirebon.

Memang sampah sosial tuw ada dimana-mana. Menebar gosip yang menyesatkan. Menari-nari diatas tangisan manusia lain. Seperti keadaan daerah bekas gempa Jogja dan Jateng. Semalem saya dapat kabar dari keluarga klaten bahwa tambah banyak maling ketika rumahnya ditinggal oleh penghuninya dipengungsian. Terus ada juga isu tsunami yang diedarkan oleh para sampah sosial tadi. Ujungnya??? Para warga mengungsi ketempat yang mereka rasa lebih aman untuk berlindung dari tsunami, dan rumahnya akhirnya bebas diutak-atik oleh para maling tadi….bener bener dah…

Berhati-hati dan waspada itu memang baik, tetapi berhati-hati yang membabi buta dan tidak berdasar justru hanya akan membuang-buang tenaga kan?

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
»

8:41 AM  
Blogger makeblognotwar said...

eh... aku ini kampungnya jawa lho ya... ya tetep kuatir bin takut kalo ada apa2 dengan pulau satu itu... berdoa saja gak ada apa2 ya le....

8:12 AM  
Blogger Karl Hiunzm said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda apa yang BOLEH MENJADIKAN ANDA KAYA. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. Pendaftaran Percuma. Peluang peluang perniagaan di rumah di sini.

1:59 PM  
Anonymous firman said...

jelaslah bahwa sebenarnya bencana sama sekali tidak bisa diprediksi dengan teknologi apapun. yang bisa dilakukan manusia ialah mengurangi dampaknya bagi keselamatan jiwa.

misalnya apa yang dilakukan orang jepang dengan terus-menerus mengembangkan teknologi bangunan tahan gempa. Atau apa yang dilakukan oleh pemda (?) di pesisir hawaii (kalo gak salah) untuk mengurangi dampak tsunami dengan membangun semacam tembok setinggi 2 meter di bibir pantai, atau dengan menumbuhkan hutan bakau.

yah begitulah.

1:49 AM  
Anonymous Anonymous said...

I say briefly: Best! Useful information. Good job guys.
»

3:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

I find some information here.

12:29 AM  

Post a Comment

<< Home